Thursday, July 7, 2011

Pancake Pandan

pancake pandan resepnya mba Ricke, patut di coba deh...rasanya enyaaaak...cmn yg ini aku bikin aga tipisan hehe...


Bahan:
100 gram whippy bubuk*)
200 ml susu cair
1 butir telur ukuran besar (klo kecil pakai 2 ya), kocok lepas
100 gram terigu protein sedang/rendah
1 sdt baking powder double acting (klo yg biasa bisa pake 2 sdt)
1/4 sdt garam**)
2 sdm butter/margarin, lelehkan
50 ml air perasan daun pandan (klo ada daun suji bisa ditambahkan, lebih bagus warnanya)
1 sdt pasta pandan

Cara membuat:
1. Campur dan ayak terigu, baking powder dan garam. Tempatkan dalam wadah. Sisihkan.
2. Dalam wadah lain, campur whippy bubuk dengan susu cair. Aduk rata. Masukkan air perasan daun pandan/suji dan pasta pandan. Aduk rata. Masukkan telur. Aduk rata. Masukkan margarin. Aduk rata.
3. Masukkan campuran susu ke dalam campuran terigu. Aduk rata sampai tercampur. Jangan diaduk berlebihan, biarkan bertekstur seperti lumpur dan masih ada sedikit gerindil kecil.
4. Panaskan wajan anti lengket. Beri sedikit butter bila perlu (ga pake juga ga apa-apa). Kecilkan api. Tuang adonan (klo mau lebih rapi hasilnya pake pancake ring). Biarkan sampai mulai muncul gelembung dan bagian bawah sudah kecoklatan. Balik pancake (baliknya jangan dibanting ya), masak lagi sampai satu sisinya matang dan kecoklatan. Angkat. Sajikan hangat.

*) Whippy cream yang saya pakai sudah manis, jadi tidak ditambah gula lagi dalam resepnya. Klo mau lebih manis bisa ditambah 1-2 sendok makan gula pasir.
**) Klo pake margarin atau salted butter ga usah pake garam, kan udah asin. Pemakaian garam untuk memberikan rasa gurih.

No comments:

Post a Comment