Monday, July 11, 2011

Birthday Cake (BDCK) for Uno


cake ini br beres tadi pagi ^_^ n dah di ambil pas jam 9 td untuk di bawa k sekolah n langsung di upload mumpung yg punya laptop masih dirumah heuheu ^_*
ini cake semuanya serba pertama kali buatku...pertama kalibikin BDCK buat anak2, pertama kali bikin cake dengan base cake Devil's Food cake n pertama kali bikin hiasan dengan teknik frozen buttercream transfer huaa pokoknya serba pertama deh hihii....kebetulan yg ultah seneng bgt sama karakter si cars ini n seneng bgt sama coklat y jd cucok deeh,....n barusan dpt telp dr mamanya ktnya cakenya enak n anak2 pada minta tambah huaaa senengnya....^_^
resep Devil's Food cakenya aq ambil dr dapurnya bunda Nadh http://ricke-ordinarykitch​en.blogspot.com/2010/10/de​vils-food-cake.html , aq pke loyang kotak 25cm jdnya 2 lapis, lapisan dan pinggirannya aq beri slai strawberry n ganashe n dicover dengan buttercream special ala mama itara

ijin copas resepnya y bund ^_^

Moist Devil’s Food Cake(Original recipe by Martha Stewart, modified by me)(Ukuran 1 resep, untuk 3 layer cake dengan ukuran bulat diameter 22-24 cm) *aq pke loyang ukuran 25cm jadinya 2 layers

Ingredients:

1 ½ cups (3 sticks) unsalted butter --> 339 gram (suhu ruang)
¾ cup coklat bubuk --> 60 gram
½ cup air mendidih --> 120 ml
2 ¼ cups gula kastor (gula pasir halus) --> 450 gram (saya kurangi menjadi 300 gram aja, biar gak terlalu manis)
1 sdm pure vanilla extract (saya ganti dengan 1 sdt essence vanilla)
4 butir telur ukuran besar, kocok lepas (pakai telur segar yang masih bagus kekentalannya)
3 cups cake flour (terigu protein rendah) --> 360 gram
1 sdt soda kue (bicarbonate of soda)
½ sdt garam
1 cup susu cair --> 240 ml
6 sdm selai jeruk marmalade/apricot secukupnya untuk olesan filling (resep asli tidak pakai) *aq pke selai strawberry

Ganache (saya pakai resep sama seperti TCCC):
500 gram dark cooking chocolate, potong kecil-kecil
500 gram whip cream cair
75 gram unsalted butter

Simple syrup (resep asli tidak pakai):
100 gram gula pasir
100 ml air
½ sdt essence vanilla

 home made Box


Directions:
1. Panaskan oven 180’C. Siapkan 3 buah loyang ukuran diameter 22-24 cm dan tinggi 4 cm. Olesi dengan mentega, alasi bagian bawahnya dengan kertas roti. Taburi coklat bubuk secukupnya ke seluruh permukaan dalam loyang agar mudah dikeluarkan.
2. Ayak coklat bubuk ke dalam mangkuk, masukkan air mendidih. Aduk rata hingga berbentuk pasta. Sisihkan. Biarkan dingin.
3. Dalam wadah lain, campur dan ayak terigu, soda kue dan garam. Sisihkan.
4. Dalam baskom besar, kocok butter dengan MIXER KECEPATAN RENDAH sampai lembut. Masukkan gula pasir bertahap sambil terus dikocok hingga putih dan lembut 3-4 menit. Tambahkan vanilla extract/essence. Kocok rata. Masukkan kocokan telur sedikit demi sedikit, kocok rata pada setiap penambahan. Kocok hingga adonan rata dan tidak memisah. Matikan mixer. Aduk rata dengan spatula hingga ke bagian pinggiran baskom.
5. Campurkan susu cair ke dalam adonan coklat bubuk yang telah dingin, aduk rata hingga adonan coklat larut dengan baik.
6. DENGAN MIXER KECEPATAN RENDAH, MASUKKAN CAMPURAN TERIGU SEDIKIT DEMI SEDIKIT DAN BERSELANG SELING DENGAN LARUTAN COKLAT DAN SUSU. AWALI DAN AKHIRI DENGAN CAMPURAN TEPUNG. Terakhir aduk rata dengan spatula.
7. Tuang dan bagi rata adonan ke dalam 3 buah loyang yang telah disiapkan. Panggang dalam oven hingga matang, kurang lebih 35-45 menit (TERGANTUNG OVEN MASING-MASING), test tusuk hingga tidak cake tidak menempel di lidi/tusuk gigi. Keluarkan cake dari oven, biarkan dalam loyang selama 15 menit. Keluarkan cake dari loyang, dinginkan di atas rak kawat.

Ganache:
Panaskan whip cream cair hingga lembut dan hangat di atas api kecil. Masukkan dark cooking chocolate dan butter. Aduk hingga meleleh. Matikan api. Aduk terus hingga tercampur rata dan kental. Dinginkan, tutup dengan plastic wrap, masukkan dalam lemari es semalaman (di freezer juga boleh). Ketika akan digunakan, kocok dengan mixer hingga lembut dan ringan. Siap digunakan.

Simple syrup:
Didihkan air dan gula pasir, aduk-aduk hingga gula larut. Dinginkan. Tambahkan essence vanilla. Siap dipakai.

Penyelesaian:
1. Ambil satu lembar cake, basahi dengan simple syrup, olesi dengan 3 sdm selai, oles dengan ganache. Tutup lagi dengan selembar cake. Ulangi proses tersebut. Terakhir tutup dengan selembar cake, basahi dengan simple syrup. Oles seluruh permukaan dengan ganache. Hias dengan coklat serut.

slamat mencoba ^^

No comments:

Post a Comment