Sunday, July 10, 2011

New York Cheese Cake

 
Akhirnya bs jg memanjakan lidah sang tambatan hati dengan cake kesukaannya....dah lama bgt pengen bikin NYCC ini tp br terlaksana kemaren ini heuheu....gara2 liat Sour cream KDLnya tinggal 3 hari lagi huaaa musti buru2 diberdayakan deh....y jadinya NYCC ini nih....

aq pke resepnya mba Riana NCC duuuh aseli uenak buangeeeed deh mba....lembut but buuuuuuut....mirip bgt ky yg dijual di bakery tempo hari...tp pusing jg liat harganya yg sepotong 99bath hua bisa2 tekor deh klo tiap sakau bli si NYCC ini....eeh klo bikin sendiri slain lebih hemat bs puas maemnya ^_*

kmrn aq bikin hanya setengah resep...coz Cheese cream yg dipunya cmn ckp buat segitu, trus g pke lapisan orangenya aq ganti pke selai strawberry yg dilarutkan dengan sedikit air.
trus aq pke lapisan oreo coz aq g pke loyang bongkar pasang :( biar gampang dibuka n di potongnya :)
resep aselinya bs liat disini y temans http://pennylanekitchen.bl​ogsome.com/2005/08/03/newy​ork-newyooooork/
makasi y mba Riana resepnya ^___^

ini setengah resep yg aq bikin
=======
bahan;

250 gr cream cheese
100 gr gula pasir yg halus *bukan gula halus y....
1/2 sdm maizena
2 btr telur ukuran kecil *harus benar2 ukuran kecil y ^_* krn untuk 1 resep pke 3btr telur ukuran besar, maka aq pke 1 1/2 telur heuheu....y udah jdnya pke telur yg ukuran kecil ajah.
3 sdt jus lemon *td aq pke perasan air jeruk nipis hehe...
1/2 sdt vanila extrak *klo g ada mending di ignore aja jngn diganti dengan vanila bubuk y....nah td aq jg diignore kok n rasanya teteup uenaaak :)
1/4 sdt garam
250 ml sour cream


=====
lapisan bawah;
110 gr biskuit oreo ditumbuk halus *bs diganti dengan marie
70 gr butter cairkan


=====
topping;

selai strawberry yg dilarutkan dengan sedikit air
buah strawberry segar

======

Cara Membuat:

- Panaskan oven 180 derajat Celsius. Olesi dasar loyang bongkar pasang dengan mentega, lapisi dengan kertas roti, lalu olesi kertas dengan mentega pula. Bungkus dasar dan bagian luar loyang dengan 2 lapis heavy duty aluminium foil untuk mencegah adonan merembes keluar.

- tumbuk halus biskuit oreo lalu campur dengan butter yg dah dilelehkan, aduk rata. kemudian tata di atas loyang yg sudah dilapisi dengan mentega dan kertas roti tadi lalu tekan2 sampe padat dan simpan dlm freezer selama 10 menit. sisihkan

- Dalam mangkuk yang besar, kocok cream cheese dan gula hingga sangat lembut. Kocok ke dalamnya tepung maizena, lalu tambahkan telur satu demi satu, kocok sampai rata. Tambahkan jus lemon, vanila extract dan garam, kocok lagi. Masukkan sour cream, kocok sampai tercampur.

-Tuang adonan ke dalam loyang bundar yg sudah ada lapisan oreonya. Taruh loyang bundar dalam loyang persegi yang berisi air panas setinggi 2,5 cm. Panggang selama 45 menit.

-Setelah selesai pemanggangan, matikan api, tapi biarkan pintu oven tertutup. Dinginkan cake dalam oven selama 1 jam. Keluarkan dan pindahkan ke rak kawat, lalu dinginkan lagi hingga mencapai suhu ruang (1 jam). Tuang topping ke atas permukaan cheesecake. dan simpan di lemari es semalaman.


note; Tekstur cheesecake ini miriiiiiiiip sekali dengan cheesecake yang gak dipanggang. Basah, sangat lembut dan creamy. Bedanya, keju-nya jauh lebih berasa daripada yang gak dipanggang, tapi lebih ringan daripada Blueberry Cheesecake yang sangat pekat itu.
Kalo mau bikin setengah resep, pake loyang 16 cm. Cukup untuk ngobatin sakau cheesecake sore-sore
Bener banget kata Bu Hiang Marahimin (editor Santap), jangan bicara soal cheesecake kalo belum mencicipi cheesecake New York!

skali lagi makasi y mba Riana ^___^

1 comment: