Sunday, July 17, 2011

Martabak Manis (tanpa ragi)


Naah kali ini saya mencoba membuat martabak manis original alias tanpa ragi jd teksturnya kenyel2 gt deeh...alhmdllh enak bgt *menurut sy sang martabak lovers yaaah ^_* rasanya mirip bgt sm martabak bangka yg dijual di depan kalimas ujungberung heuheu *jd inget kampung halaman....

ini ceritanya mau nyoba loyang martabak aseli yg baru saya beli dari mba Ulin sahabat sekaligus sodara sy yg cantik jelita ramah tamah gemar menabung dan tidak sombong *hadeeuh kumplit nih mbakyu diriku sebut gelarmu mba qiqiqiiii... 

naah pas lagi jalan2 cari resep martabak manis bangka yg tanpa ragi alias bukan martabak bolu yg sering sy bikin...sy digiring oleh mbah gugel pada sebuah artikel tentang martabak manis disini , menurut sang artikel ituh ;) klo martabak aselinya sih g pke ragi ktnya...yg sekarang berkembang adalah martabak yg sudah dimodifikasi gt deeh...ehm...makin penasaran deh diriku untuk mencoba si martabak tanpa ragi itu..*dulu pas awal2 belajar bikin martabak pernah bikin jg sih tp lah kok g endang bambanggulindang yah...
naah tp percobaan yg sekarang ini menurut sy mirip sama martabak yg di bandung itu tuuuh...
saya pake resep dari blongnya mba Nining
tertarik nyoba karna selain g pake ragi, resep ini cmn menggunakan 1 btr telur untuk 500gr terigu...huaaa...irit buangeed deeeh....trus liat potonya pun tekstur yg didapat dari resep ini sangat bagus...duuuh g sabar bikin...y sudah deeh langsung tancab gassss ^__*

ehm...pertama2 yg saya lakukan adalaaaah mengelus2 sang loyang baru dengan sebuah lap bersih yg sudah dicelupkan kedalam minyak goreng, hal ini dilakukan selain bertujuan membersihkan siloyang baru td jg agar adonan tdk lengket di loyang....ingat loyang martabak tdk boleh dicuci!!!

ehm,...degdegan niih pertama kali bikin martabak pake loyang martabak aselinya hehe...biasanya kan cmn pke teflon sajah... kalau bikin martabak pke teflon setelah adonan dituang segera tutup loyang dan gunakan api kecil,,,naah beda halnya dengan menggunakan loyang martabak ini...gunakan api sedang biarkan sampai loyang panas, lalu tuang adonan dan biarkan jangn ditutup dulu sampai terjadi buih2 yg nantinya akan menjadi sarang cantik seperti gambar dibawah ini 


naah setelah berbuih seperti ini *tenaghnya pun berbiiuh y...td ga sempet moto pas bagian keseluruhan berbuih...lalu taburi gula pasir dan segera tutup loyang...biarkan sampai matang..lalu angkat dan olesi dengan margarin dan kawan2nya...

Naaah ini resep yg saya gunakan tadi ijin copas y mbak Nining

====================
martabak Manis Bangka;
====================
Bahan ;
500 gram terigu protein sedang
750 cc air
1 butir telor
50 gram gula pasir
1 sdm garam
1 sdt soda kue

Bahan isi:
coklat beras (meises)
kacang tumbuk
keju *tadi saya pke cream cheese yg siap pake ^_*
gula pasir
susu kental manis
dll

cara membuat:
- Campur semua bahan jadi satu, kecuali soda kue.
- Aduk-aduk dengan menggunakan whisk, sampai adonan rata dan tepung larut. Diamkan 1 jam atau lebih
- Panaskan wajan martabak
- Masukkan soda kue ke dalam adonan, aduk rata
- Tuang adonan ke dalam wajan sampai 1/2 penuh
- Masak sampai bagian atas kering dan kelihatan berpori
- Taburi gula pasir, tutup wajan
- Angkat martabak, olesi dengan mentega, isi sesuai selera
selamat mencoba ^_*

9 comments:

  1. Mbak mau tanya nih sy d ah coba cm kok jd lempeng ya.itu soda kuenya 1 sendok teh dicampur diadonan yg kt buat ...atau saat mau ditaruh diloyang ya...tolong ya mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba Endah maap baru dibalas
      iya soda kuenya dimasukkan k dalam adonan sesaat sebelum diluang k cetakan. jd bukan ikut diistirahatkan selama sejam y...nanti soda kuenya dah g bakalan bereaksi lg.

      Delete
  2. untuk temen temen yg mau buka usaha sendiri atau mau belajar mandiri, kebetulan sekali saya menjual resep martabak bangka yg banyak sekali orang cari... murah ko hanya 400.000 kalo berminat hubungi aja ke 085284540027

    Http://resepmartabakbangka.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. menjual resep martabak bangka hanya 400.000 kalo berminat hubungi aja ke 085284540027

    Http://resepmartabakbangka.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. untuk temen temen yg mau buka usaha sendiri atau mau belajar mandiri, kebetulan sekali saya menjual resep martabak bangka yg banyak sekali orang cari... murah ko hanya 400.000 kalo berminat hubungi aja ke 085284540027
    Resep sudah teruji dan terpercaya


    Http://resepmartabakbangka.blogspot.com/

    ReplyDelete
  5. Halo Mbak, saya tidak punya loyang martabak asli. Jadi kalo saya pakai fry pan biasa (ukuran kecil) bisa tidak yah? apakah hasilnya jadi kurang bagus?

    ReplyDelete
  6. untuk temen temen yg mau buka usaha sendiri atau mau belajar mandiri, kebetulan sekali saya menjual resep martabak bangka yg banyak sekali orang cari... murah ko hanya 400.000 kalo berminat hubungi aja ke 085284540027
    Resep sudah teruji dan terpercaya


    Http://resepmartabakbangka1.blogspot.com/

    resep martabak bangka
    resep martabak bangka
    resep martabak bangka
    resep martabak bangka
    resep martabak bangka
    Resep martabak bangka

    ReplyDelete
  7. mau tanya nih:
    1. ini resep untuk sekali buat ya atau lebih?
    2. berapa harga 1 loyang martabak?

    terimakasih

    ReplyDelete