Sunday, October 14, 2012

WINGKO (original n Green Tea) for LBT#18

Alhamdulillah akhirnya bisa posting lg...setelah beberapa waktu ini aga2 "sok" sibuk hehe... kali ini tantangan LBT sudah masuk ke PR#18 dengan tema WINGKO dan kebetulan saya yang menjadi hostnya untuk bulan ini dengan dibantu oleh bu host tamu mbakyu Desak Shanti :) thanx u bgt y mba dah banyak bantu untuk upload dll di grup :) kebetulan saya ada kendala dalam upload foto di album grup...karna hanya menggunakan sang "samsung" yang senantiasa menemani q kesana kemari *halah ngalor ngidul ini bahasannya hihii :)
 Baiklah kembali lagi ke Wingko...jujur ini kali pertama saya membuat wingko :) waktu di Indo sih aga jarang makan wingko...paling makan wingko kalau kaka ipar mudik ke salatiga *walau disana bukan tempat asal si wingko* tapi beliau suka bawa wingko untuk oleh2 karena mudah didapatnya :)
 Untuk PR LBT kali ini saya membuat wingko dengan dua rasa yang berbeda, original dan green tea, awalnya mau bikin dengan tepung ketan hitam karena kebetulan masih punya stok tepung ketan hitam, lah kok pas nimbang bahan yg diambil malah ketan putih *tepok jidat* yah sudah lah...tepung putih aja.mueter otak pengen bikin yg aga beda...pas lagi bongkar2 bahan kue nemu si green tea yg sudah lama tidak tersentuh hihii...baiklah green tea sajaah...
Daaan ternyata sayaaah sukaa!!!... kalaun papapnya tetep lebih suka yg original..jadi bagus maemnya g rebutan :)untuk resepnya saya gunakan resep dari mas Budi sutomi yang suedikit saya modifikasi. ini dia resepnya

 ===============
 Wingko
Source by Budi Sutomo




Modified by Diah Raki

=====================

bahan;
500 gr tepung ketan 
350 gr gula pasir
350 ml santan kental
350 gr kelapa setengah tua parut kasar
1 sdm margarine
1 lbr daun pandan
 1/2 sdt vanilla *untuk yang original
1 1/2 sdm green tea bubuk *untuk yang rasa green tea
===========
bahan untuk olesan;
=====================
2 butir kuning telur
1 sdm margarina
aduk rata keduanya.
==========================
caranya
==========
1. didihkan santan , gula pasir dan daun pandan sampai gula larut. dan santan semakin mengental. angkat dan sisihkan.
 2. ditempat terpisdah adukrata tepung ketan, parutan kelapa dan margarine, kemudian masukkan santan.
  aduk sampai benar benar tercampur rata.
3. setelah tercampur rata , bagi dua bagian adonan, yang satu diberri vanilla bubuk dan yang satunya lagi diberi green tea bubuk aduk sampai merata.
4.siapkan 2 buah loyang brownies, olesi dengan margarine dan alasi dengan kertas roti atw gunakan daun pisang .
5. masukkan adonan wingko tadi dan panggang selama kurang lebih 25 menit, setelah 25 menit keluarkan dari oven dan olesi permukaannya dengan bahan olesan. panggang kembali sampai permukaannya kuning keemasa.
6. jika tidak memungkinkan atw lagi males manggangn teman2 bisa gunakan wajan anti lengket untuk memanggangnya, sendoki adonan wingko atw cetak dengan cookies cutter.
selamat mencoba dan salam Wingko ^____^















4 comments:

  1. ternyata gampang ya bikinnya mbak :), baru tauuu...selama ini cuma suka makannya aja. Aku mau nyoba juga ahhh..

    ReplyDelete
  2. mbaa beneran manggangnya 245 menit?

    ReplyDelete
  3. teh ika...iya teh gampang bgt ternyata bikinnya... ho oh sdy jg dulu bisanya cmn malkannya aja hihihii....asyyiiik bakalan ada kitiman wingko dr dapur hangusnya te ika niiih ..pasti maknyuuus :)

    ReplyDelete
  4. mba Tiek...hihii itu salah ngetik mbakyu....klo 245menit mah nantinya gochong hihihiiii...

    ReplyDelete