Monday, October 15, 2012

Vietnamese Spring Roll

Vietnamese spring roll ini saya buat beberapa minggu lalu bersama seorang teman dari vietnam sicantik Moon :-)...yang sebelumnya dia memberi saya spring roll yang sangat enak ini...dan langsung tanpa basa basi saya meminta dia untuk mengajari saya membuatnya :-)
dan dayung bersambut Moon pun mau mengajari saya bagaimana membuat spring roll yang super enak ini :-) sampai2 dia mengantar sayabke pasar tradisional untuk membeli bahan bahannya sekalian menduren hihii enyaaak :-)
oia untuk membuat spring roll ini kita membutuhkan rice papper dan beruntung sekali saya diberi oleh Moon yang dia bawa dari vietnam :-)
seperti ini penampakan rice papper
teksturnya sangat tipis dan halus, kalau mau digunakan harus dibasahi dulu dengan air agar lentur dan mudah dibentuk tapi jngan kebanyakan membasahinya :-)
untuk satu spring roll kita membutuhkan 1 1/2 lemar rice papper, 
yuuuk ah yang mau tahu dan mencoba vietnamese spring roll ini resepnya yang saya dapat dari teman saya Moon :-)
====================
Vietnamese Spring Roll
=================== 
Vietnamese Rice Papper
1 buah fillet ada ayam
10 - 15 bh udang 
1 btr telur
1 bh bawang bombay ukuran besar iris memanjang
1 bh wortel serut memanjang dengan piller atau potong bentuk korek api
8 -10 bh jamur sitake, iris tipis
150 gr jamur kuping iris tipis memanjang
1 bungkus toge *sekitar 150-200 gr 
1 ikat bawang daun iris halus *sekitar 4-5 batang ukuran kecil
1 bks soun, rendam sampai lunak, tiriskan dan potong pendek dengan gunting
garam secukupnya
=============
caranya ;
==========
1. blender potongan ayam dan udang sampai benar-benar halus dan lembut tidak bergrinjil.
2. dalam wadah yang besar masukkan semua bahan menjadi satu aduk rata.
 
3.ambil 1 1/2 lembar rice papper. lalu basahi dengan sedikit air dengan cara diusap-usap. *bukan dicelupkan y :-)
4. ambil 2 sendok makan  adonan lalu lupat seperti membuat risoles atau dadar gulung
5. lalu goreng sampai benar-benar matang, goreng diatas api sedang.
6. Vietnamese spring roll siap disajikan denan saus yang terbuat dari kecap ikan, potongan bawang putih, potongan cabe rawit dan sedikit gula.
rasanya ehm...arooooy maaak....
thanx u so much Moon....i start loving vietnamese food :-) 



 
 

 

No comments:

Post a Comment