Saturday, December 22, 2012

Japanese Roll Cake for LBT#20

Alhamdulillah akhirnya bisa bikin PR LBT#20 yg kali ini temanya JAPANESE ROLL CAKE alias JRC, yang kali ini hostnya saya sendiri dan host tamu mbakyu Alice :-)
kenapa baru bikin pada hari terakhir penyetoran? bukan karena malas atau ngedul tapi karena hari hari sebelumnya alhamdulillah megang mixer terus buat my ♥ Dapur 3D Cakery ♥ ^_^ dan kebetulan sekali hari ini free...hehe
ehm tadinya buat motif yang aga2 ribet dikit...eeeh tp kok printernya rusak *gigit sendal*  yah akhirnya pasrah deh dengan keadaan hihi...g pke pola2 n ga direncanain asal gambar aja, ya jadinya seperti ini super  sederhana hihi...tp gpp deh yg penting rasanta ehm super aroy...emang dah terbukti deh kalau prke resepnya mba R recomend bgt :-) ga nyeseeel:-)
resep Japanese Roll Cake (JRC) 
source by; Rachmah setyawati
modified by Diah Raki

==================
adonan 1;
4 btr kuning telur
40 gr gula
40 gr minyak goreng
60 gr air
80 gr terigu
1/2 sdt vanila
===
adonan 2;
3 btr putih telur
40 gr gula
15 gr maizena
===
adonan motif;
1 btr putih telur
10 gr gula
5 gr maizena
======
caranya;
=========
1. buat adonan 1;
kocok kuning telur dan gula sampai mengembang dan kental, kemufian masukkan minyak goreng sedikit demi sedikit sambil terus dimixer dengan speed rendah, lalu masukkan air sedikit sedikit mixer kembali sampai tercampur rata, terakhir masukkan terigu, sisihkan.

2. buat adonan  motif;
kocok putih telur dan gula sampai soft peak kemudian masukkan maizena mixer sebentar agar adonan tetap soft peak. kemuadian tambahkan 5 sdm adonan 1. bagi menjadi beberapa bagian dan beri warna sesuai keinginan. lalu buat motif sesuai selera diatas loyanf yg sebelumnya sudah diberi alas kertas dan dioles sedikit margarine atau butter tipis sekali!! lalu panggang kurang lebih 1 menit. keluarkan dan tambahkan warna lain sesuai motif yg diinginkan dan panggang kembali . lalu kalau sudah selesai membuat motif timpa dengan adonan cake.

3. buat adonan 2;
kocong putih telur dan gula sampai soft peak dan tambahkan maizena sebentar saja agar adonan tetap soft peak. kemudian ambil sedikit adonan 1 campur dengan teknik adyk balik kemudian campur seluruh adonan 1 dan 2 aduk balik dan tuang kedalam loyang ukuran 25x25x4cm.
panggang dengan suhu 190'c atau sesuai suhu oven masing2 sampai matang.
angkat dan balik biarkan dingin.
kemudian beri filling sesuai selera. saya tadi gunakan whipping cream yang ditambah sedikit pasta strawberry. hasilnya...soooo yummy ^_^
***
salam JRC n i luv LBT ^_^









No comments:

Post a Comment