Sunday, July 10, 2011

Banana Bread



binun mo nulis apa...tp yg pasti nih banana bread wajib di coba deh...jd salah satu variasi buat olahan pisang ^^....slain bikinnya gampang rasanya jg enak ^_^ *muji sendiri gpp doong :P hihii......*jngn ada yg manyun yaah ^_*

resepnya aq dpt dr bunda Nadh cmn aq g pke gula aren bubuk....aq ganti dengan brown sugar...tdnya mo ditambahin kayu manis bubuk tp aseli lupa padahal dah disiapin :(

btw makaci yah bund resepnya n inspirasinya...aq ijin copas yah ^_^

 
 
 
BANANA BREAD
(Adapted from Joy of Baking, modified by Ricke bunda Nadhifa)

Ingredients:
1 3/4 cups (230 grams) terigu serba guna (protein sedang/segitiga biru)
1/2 cup (100 grams) gula pasir
1/4 cup (30 grams) gula aren bubuk *aq pake brown sugar
1 sdt baking powder
1/4 sdt soda kue
1/4 sdt garam
2 butir telur ukuran besar, kocok lepas
1/2 cup (113 grams) butter/margarin, lelehkan dan dinginkan
3 buah pisang ambon/cavendish matang (sekitar 450 grams), hancurkan dengan garpu
1 sdt pure vanilla extract (aku pakai essence vanilla)*aq g pake ^^

Garnish (optional):
Irisan pisang *aq pke almond

Directions:
1. Panaskan oven 180'C. Siapkan loyang loaf (aku pakai ukuran 23x10x7 cm), olesi dasar dan sisinya dengan mentega, taburi dengan sedikit terigu. Sisihkan.
2. Dalam sebuah mangkok/baskom yang agak besar, aduk dan ayak terigu, baking powder, soda kue dan garam. Masukkan gula pasir dan gula aren bubuk. Campur rata. Sisihkan.
3. Dalam mangkok lain, campur pisang, telur, mentega leleh dan vanilla. Aduk rata. Masukkan ke dalam campuran tepung dan aduk perlahan dengan spatula karet. Aduk cukup hanya sampai bercampur saja, tidak usah sampai lembut dan halus.
4. Tuang ke dalam loyang. Tata irisan pisang di atasnya. Panggang dalam oven selama 60 menit atau sampai matang dan kecoklatan (sesuaikan dengan oven masing-masing ya...). Lakukan tes tusuk dengan tusuk gigi atau lidi bersih.

Note:
- Banana bread ini cukup mengenyangkan, cocok untuk sarapan dan bekal. Makanya di Joy of Baking dimasukkan dalam kategori 'Breakfast and Brunch'. Tapi untuk teman ngeteh sore-sore juga oke! :)
- Saat baru dikeluarkan dari oven, permukaannya crispy dan agak keras bila disentuh. Tapi sesaat setelah dikeluarkan dan didinginkan akan empuk dan moist.
- Agar tidak kering selama penyimpanan, setelah dingin dan dipotong-potong simpan dalam wadah tertutup kedap udara.


Happy Baking! ^_^

No comments:

Post a Comment